Menilik Masalah Passion

Selasa, 12 September 2017 | 00:00 WIB
Menilik Masalah Passion

Passion bukan bicara hobi. Passion dalam karier adalah keunikan, kekuatan, sesuatu yang begitu Anda cintai untuk dilakukan setiap hari. Pertanyaannya, sudahkah karier saat ini sesuai passion Anda? Jika belum, maka upayakan untuk menemukan minat seutuhnya dan menjalani panggilan hati apa pun risikonya. Meski tentu, Anda akan menemui berbagai pertimbangan, terutama faktor ekonomi.

CareerCoach Rene Suhardono menjelaskan, passion adalah segala hal yang kita sukai atau minati sedemikian rupa sehingga kita tidak terpikir untuk tidak mengerjakannya. Passion adalah segala macam wujud keunikan (keistimewaan) yang kita miliki dan rasakan, tambahnya.

Rene, dalam bukunya Your Job is Not Your Career, mengatakan tidak mudah menemukan passion untuk diri sendiri. Namun, jika ingin karier lebih berkembang, berusaha untuk menemukan passion akan lebih baik daripada mengacuhkannya.

"Rata-rata profesional yang teguh mencari karier sesuai passion mereka, perlu 4-8 tahun untuk menemukan atau menyadarinya. Tidak ada kata terlambat untuk hal yang satu ini," papar Rene, yang mengaku perlu sembilan tahun baginya untuk menemukan passion dari 16 tahun pengalaman kerja.

Nah, bisa jadi saat ini Anda sudah menyadari passion dalam karier. Namun, sejumlah pertimbangan menghalangi untuk mencapainya. Misalnya, merasa tidak mampu berkiprah di karier sesuai passion karena tidak berpengalaman, atau khawatir hasilnya nanti tidak memadai untuk menunjang hidup. Pertanyaan paling umum lainnya adalah, apakah harus mengorbankan pekerjaan saat ini untuk mengejar karier seusai passion?

Rene menjelaskan, menjalani passion boleh jadi tak mendatangkan manfaat ekonomis secara instan. Namun, menjalani panggilan hati akan membuka pintu menuju hidup yang jauh lebih bernilai.

Nilai positif menjalani karier dan bekerja sesuai panggilan hati, disebutkan Rene, di antaranya:
* Menghasilkan energi yang terbarukan setiap hari.
* Cara untuk mencapai potensi optimal diri.
* Merefleksikan jati diri Anda seutuhnya.

"Tidak ada yang bisa menjamin rezeki di masa depan kecuali yang Maha Kuasa. Jadi mengapa kita ragu untuk memenuhi panggilan hati sendiri?"

 

Rene Suhardono

Referensikan teman kamu