Meningkatkan Jumlah Uang di Tabungan

Jumat, 7 Juli 2017 | 00:00 WIB
Meningkatkan Jumlah Uang di Tabungan

Memiliki penghasilan besar hingga puluhan juta per bulan, mungkin menjadi harapan banyak orang. Penghasilan besar, hidup pun nyaman. Demikian rumus umum yang dipercaya oleh kebanyakan kalangan.

Tapi, apakah benar demikian? Penghasilan besar bukanlah jaminan hidup akan selalu nyaman. Gaji berpuluh juta belum tentu menjauhkan seseorang dari masalah keuangan.

Kuncinya ada pada pengelolaan keuangan yang tepat. Kalangan dengan penghasilan minimal juga bisa menjalankan hidup nyaman tanpa dibebani dengan masalah keuangan, selama pengelolaan uang mereka bijaksana.

Nah, strategi apa yang perlu Anda terapkan agar terhindar dari masalah keuangan kendati memiliki penghasilan minim? Simak tips berikut ini:

1. Biasakan mengetahui pola perilaku pribadi terkait keuangan

Setiap hari, biasakan mencatat pengeluaran dengan detail. Selama sebulan, Anda akan mendapatkan catatan pengeluaran pribadi dan bisa mempelajari dengan baik. Apakah dalam daftar tersebut ada keputusan belanja yang kurang tepat?

Bertanyalah pada diri sendiri, apakah ada transaksi atau pembelian barang yang sebenarnya lebih bersifat “keinginan” ketimbang “kebutuhan”? Dari histori pengeluaran tersebut, Anda juga dapat melihat pos pengeluaran mana saja yang bisa Anda tekan.

2. Pilih-pilih pengeluaran dan berhematlah

Melihat pola keuangan pribadi akan memudahkan Anda melakukan evaluasi dan membuat kebijakan. Mana pos pengeluaran yang bisa Anda tekan atau hilangkan. Aksi penghematan seperti apa yang dapat Anda terapkan segera.

Misalnya, dari penghematan biaya makan sehari-hari, biaya transportasi, biaya listrik dan pulsa telpon, dan lain sebagainya. Hitunglah nilai peluang penghematan dan mulailah mengalihkannya menjadi tabungan.

3. Menabunglah walau dari nilai terkecil

Anda harus percaya ungkapan, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Bila saat ini Anda baru bisa menyisihkan uang tak sampai Rp 100.000 per bulan untuk ditabung, tetaplah lakukan itu.

Tabunglah uang sedapatnya. Jangan karena nilainya sedikit maka Anda merasa akan sia-sia menyisihkan demi masa depan. Menabung dari uang receh kembalian yang sering terlupakan juga bisa Anda praktekkan.

4. Mulailah investasi

Berpendapatan minim bagaimana bisa investasi? Jawabannya adalah bisa. Anda bisa berinvestasi dari modal uang yang Anda sisihkan sebagai tabungan itu di instrument investasi bermodal ringan.

Misalnya, mengambil tabungan emas di Pegadaian atau mulai membeli reksadana yang bisa Anda beli dengan modal ringan. Investasi merupakan salah satu cara ampuh melawan inflasi atau penurunan nilai uang.

5. Carilah pendapatan tambahan

Selain mengelola keuangan dengan baik dan memulai investasi, supaya tingkat keuangan Anda lebih baik, pikirkanlah mencari nafkah tambahan.

6. Menanam tanaman sendiri.

Percaya atau tidak, menanam sayur atau buah-buahan di lahan pekarangan rumah, dapat mengurangi pengeluaran pada pos makanan. Sudah banyak tumbuh komunitas penggiat urban farming atau menanam di perkotaan dengan lahan terbatas. Anda bisa mengaplikasikan teknik-teknik yang ada untuk melakukan penghematan biaya dapur. 

Referensikan teman kamu