Ekspresi Muka Berpengaruh Pada Karier

Rabu, 14 Juni 2017 | 00:00 WIB
Ekspresi Muka Berpengaruh Pada Karier

Kita memang harus berhati-hati dalam bersikap jika ingin karirmu terus cemerlang. Salah satunya adalah bagaimana cara berekspresi dan menunjukkan reaksi pada wajah kita. Sebab, faktanya perkembangan karir seseorang sangat dipengaruhi oleh ekspresi wajah kita saat berada di tempat kerja. Ekspresi wajah juga merupakan hal pertama yang paling bisa ditangkap dan dilihat orang lain.

Seperti yang dikatakan Dr Alan Fridlund, profesor University of California, Santa Barbara mengatakan bahwa persepsi yang kuat berasal dari ekspresi wajah. Dia mengatakan bahwa ekspresi wajah melambangkan perasaan seseorang, mempengaruhi interaksi sosial yang terjadi.

Bukan hanya itu, beberapa ekspresi wajah di kantor pastinya juga akan melekat bagi semua orang di kantor. Reaksi wajah terhadap sesuatu itu juga dapat menentukan interaksi dan sosialisasi kita di kantor. Padahal, tentunya kita harus benar-benar menjalin interaksi dan sosialisasi dengan rekan kerja di kantor sebagai salah satu kenyamanan dalam karir.

Nah, untuk itu kita harus mengetahui saat-saat dimana seseorang dapat membaca ekspresi wajah. Kita harus mengetahui ekspres wajah yang sangat tampak agar mampu mengendalikannya. Setelah mengetahuinya, kita harus mencoba membuat situasi ini bisa dikendalikan. Apa saja itu? Ini dia 3 saat reaksi wajah yang bisa mempengaruhi karir!

Menyapa Orang yang Tidak Disukai

Dr Fridlund mengatakan reaksi umum yang ditunjukan pada seseorang yang tidak kita sukai, biasanya terlihat lewat wajah yang ditekuk atau cemberut. Hal ini dapat membuat orang yang bicara bersama kita menyadari bahwa kita memang tidak menyukai orang tersebut. Kita harus benar berhati-hati sebab tanpa disadari dapat mempengaruhi hubungan pekerjaan. Tersenyum sedikit (senyum tipis) jauh lebih baik ketimbang memperlihatkan wajah yang ditekuk tersebut atau bahkan mencibir padanya.

Muka Tenggat Waktu

Ketika pekerjaan menumpuk dan tenggat waktu semakin pendek, wajah kencang atau kaku adalah ekspresi paling normal yang ditunjukkan. Psikolog James Rusell, PhD dari University of British Columbia mengatakan bahwa ekspresi wajah dapat memberitahu orang lain tentang karakter kita keseluruhan. Suasana hati seseorang apakah sedang positif atau negatif juga akan terlihat dari ekspresinya. Ada baiknya saat pekerjaan menumpuk dan deadline semakin maju, pertimbangkan untuk reaksi ekspresi wajah agar terhindar dari tanggapan negatif.

Muka Saat Dipuji

Senyum juga dapat menjadi pedang bermata dua. Khususnya saat menerima pujian. Senyum yang terlalu lama, memperlihatkan semua gigi, dan dibuat-buat, menunjukan bahwa kita berlebihan atau sombong saat menerima pujian di tempat kerja. Cobalah untuk mengucapkan terima kasih seperlunya, mengganguk sopan, dan tersenyum natural. Itu akan membuat diri kita lebih terkesan baik.

Memang menjaga muka agar tetap tampil waras bukan kerja mudah. Perlu latihan dan kesabaran, namun jika dilatih, dapat membantu peningkatan karir di kemudian hari.

Tim KompasKarier


Referensikan teman kamu