Menjadi Pribadi Unggul di Tempat Kerja

Senin, 20 Maret 2017 | 00:00 WIB
Menjadi Pribadi Unggul di Tempat Kerja

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan dengan suatu momen yang menghadapkan kita pada persaingan. Sejak kecil pun sebagian besar dari kita sudah merasakan persaingan dengan teman di bangku sekolah

Persaingan ini terus terjadi hingga memasuki dunia kerja. Sebelum mendapat pekerjaan, kita harus bersaing dengan pendaftar lainnya untuk bisa mendapat pekerjaan. Setelah diterima pun, kita tetap bersaing agar dapat mempertahankan pekerjaan atau bahkan naik jabatan.

Sebagian orang hidupnya sangat berorientasi pada tujuan (goal-oriented) dalam melaksanakan pekerjaan. Mereka sangat cerdas, analitis, dan logis (Psychologia, n.d). Biasanya orang yang memiliki kesamaan dengan ciri tersebut merupakan orang dengan tipe kepribadian kompetitif.

Bagi orang yang kompetitif, mereka memiliki peluang yang cukup besar untuk bisa menjadi yang terunggul di tempat kerja karena semua energi dan keseriusannya dicurahkan untuk pekerjaannya.

Namun bagi kita yang tidak memiliki tipe kepribadian kompetitif, bisakah kita memiliki peluang menjadi yang terunggul di tempat kerja Anda? Tentu saja. James H. Saylor dalam buku karangannya yang berjudul “Becoming a Superior Worker” menyebutkan terdapat beberapa proses latihan belajar pribadi untuk menjadi karyawan yang unggul yaitu:

Plan learning (mempelajari rencana)

Establish learning goals (mengembangkan tujuan pembelajaran)

Recognize Priorities (menetapkan prioritas)

Share plan with others (menjelaskan rencana pada orang lain)

Obtain support (mendapatkan dukungan)

Normalize successful actions (membiasakan diri dengan kesuksesan)

Always focus on superior performance (selalu berfokus pada performa top)

List Progress (menuliskan kemajuan)

Dengan bekal sikap PERSONAL tersebut, niat dan kerja keras Anda akan memiliki peluang untuk bisa menjadi yang terunggul di tempat kerja. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa naik pangkat atau jabatan dan mendapatkan gaji ataupun fasilitas yang lebih baik dari sebelumnya. Selalu pastikan jika Anda melakukan persaingan yang sehat untuk menjadi yang terunggul sesama rekan kerja Anda agar hubungan antar rekan kerja juga terjalin dengan baik.

 

 

Referensikan teman kamu