Dicintai Pacar, Sudah Biasa. Dicintai Perusahaan, Luar Biasa

Jumat, 17 Maret 2017 | 00:00 WIB
Dicintai Pacar, Sudah Biasa. Dicintai Perusahaan, Luar Biasa

 

                Setiap orang pasti ingin untuk berhasil. Terutama setiap orang yang memiliki dan menjalani sebuah bisnis. Namun, bisnis yang seperti apa yang dapat dikatakan telah berhasil? Ada tiga hal penting yang dapat menjadi kriteria untuk mengatakan bahwa bisnis sudah berhasil. Tentu saja, hal yang pertama akan terbesit dalam benak anda adalah ketika bisnis tersebut telah mencapai keuntungan yang dianggarkan.  Hal yang kedua adalah ketika produk yang dijual menjadi unggulan dalam bidangnya, serta dikenal dan  diterima dalam pasar. Tetapi ada satu hal yang tidak kalah penting untuk menunjang kesuksesan bisnis adalah "siapa" yang melakukan bisnis tersebut.

                Untuk menghasilkan produk yang unggul dalam pasar, diperlukan tenaga kerja yang merasakan “sukacita” dalam segala aspek pekerjaannya. Ia mampu mencintai pekerjaannya, merasa bahwa pekerjaan tersebut merupakan panggilan hidupnya, dan menyukai lingkungan pekerjaannya. Maka dari itu tugas dari perusahaan ialah menciptakan lingkungan pekerjaan tersebut. Untuk mengetahui tingkat “sukacita” dari para karyawan, kita dapat melihat nya melalui tingkat kepuasan serta tingkat keterpikatan karyawan pada pekerjaan. Usaha perusahaan untuk menciptakan keunggulan melalui sumber daya manusianya disebut Manajemen SDM berbasis kompetensi (Aprianto & Jacob, 2013). Keunggulan yang diperoleh melalui perilaku karyawan akan menjadi sulit ditiru oleh perusahaan lain sehingga memberikan keunggulan yang unik bagi perusahaan.

                Akan tetapi, sebaliknya karyawan yang mengalami “sukacita” namun tidak menghasilkan hasil yang baik maka tidak akan berguna. Maka dari itu, perusahaan harus mempekerjakan orang – orang yang tepat pula (Collins, 2017).

 

                Pada pokok kredibilitas bagian pertama, hal yang penting dimiliki oleh karyawan ialah karakter. Dimana karakter merupakan pokok paling penting dari karyawan, karena karakter ini adalah bawaan dari kebiasaan para calon dalam berperilaku sehari –hari. Karakter memiliki dua komponen penting didalamnya yaitu integritas dan niat. Integritas sendiri dapat dibagi menjadi beberapa perilaku penting yaitu kejujuran, keselarasan dalam berperilaku, kerendahan hati, serta keberanian. Salah satu contoh perilaku  yang mencerminkan integritas dan komponen – komponennya adalah mau mengakui kesalahan yang telah diperbuat dan mau memperbaiki diri. Tidak banyak orang yang mau mengakui kesalahannya dan malah menolak kenyataan bahwa ia telah melakukan kesalahan kemudian marah – marah untuk menghindar dari kenyataan. Orang yang berintegritas akan bertanggung jawab dengan segala tindakan yang telah ia lakukan dan pastinya akan berfikir terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan tersebut. Perilaku ini akan sangat membantu perusahaan untuk memberikan kepuasan pada konsumen.

Sedangkan komponen kedua yaitu niat, akan menimbulkan motif karyawan untuk masuk ke perusahaan. Kemudian setelah ia memiliki motif, ia akan membuat sebuah agenda dan akan timbul menjadi perilaku yang dilakukan oleh karyawan tersebut. Contoh, bila anda menyukai seorang perempuan, anda akan memiliki motif untuk mendekati perempuan tersebut dan membuat agenda untuk menyempatkan waktu bersamanya. Alhasil, dalam kesibukan apapun anda akan selalu memiliki waktu untuknya walaupun sebenarnya anda pun belum yakin apakah ia memiliki perasaan yang sama dengan anda.

                Pokok kredibilitas berikutnya adalah kompetensi, yang dibagi lagi menjadi dua komponen yaitu kemampuan dan hasil. Kemampuan seseorang dapat terdiri dari bakat, sikap, pengetahuan, skill serta style yang ia miliki. Keuntungan dari pokok ini adalah ia bukan merupakan bawaan namun bisa dilatih dan dipelajari seperti dalam hal pengetahuan serta skill. Disisi lain, komponen hasil dapat anda lihat dari masa lalu karyawan, seperti dalam riwayat pekerjaannya. Kemudian masa kini, atau performa karyawan dalam perusahaan, serta potensi hasil yang dimiliki karyawan untuk kesuksesan perusahaan anda di masa yang akan datang.

                Berdasarkan pokok – pokok diatas, maka orang – orang seperti apakah yang perlu direkrut? Jawabannya adalah orang dengan karakter yang benar dan memiliki kompetensi yang paling unggul serta sesuai dengan apa yang bisnis anda butuhkan. Untuk menilai unggulnya kompetensi yang dimiliki para calon karyawan, anda dapat melihatnya dari CV yang anda terima dan perhatikan baik – baik pada riwayat pekerjaannya. Bagi para pencari pekerjaan, kenalilah karakter anda terlebih dahulu. Kenali kelemahan dan kelebihan anda, dan kemudian sesuaikan dengan perusahaan yang akan anda lamar pekerjaannya. Pastikan bahwa nilai – nilai yang ada di perusahaan tersebut sesuai dengan kepribadian anda, maka anda akan mencapai “sukacita” dan mampu memberikan kontribusi maksimal bagi kesuksesan perusahaan. Semoga membantu, happy working!

 

 

 

Referensikan teman kamu