Menjadi Rebutan Perusahaan Bonafit

Jumat, 17 Maret 2017 | 00:00 WIB
Menjadi Rebutan Perusahaan Bonafit

 

 Masing-masing bidang pekerjaan biasanya memiliki kriteria tersendiri dalam memenuhi kebutuhan kerjanya. Namun secara keseluruhan, perusahaan pastinya memiliki beberapa kriteria umum yang dibutuhkan oleh pegawai di luar bidang spesifik yang mereka jalani. Contohnya misal seorang sebagai pelamar akuntan, kriteria yang dibutuhkan yaitu merupakan lulusan Sarjana Ekonomi. Disaat seorang fresh graduate yang melamar kerja di bagian marketing harus berasal dari lulusan S1 Ilmu Komunikasi.

Beberapa bidang pekerjaan di atas memiliki ketentuan khusus untuk menguasai tugasnya masing-masing, tetapi selain kriteria yang spesifik, setiap perusahaan pasti mempunyai kriteria secara umum. Kriteria general inilah yang bisa dikatakan mengambil setengah porsi dari penilaian pantas atau tidaknya seorang individu tersebut diterima atau tidak. Mengapa bisa menjadi setengah porsi, dikarenakan kriteria-kriteria umum ini lebih berpengaruh kepada perusahaan secara menyeluruh. Dengan logika, perusahaan akan memilih orang dengan good ethic dibandingkan dengan orang yang good looking. Poin-poin yang akan disampaikan berikut ini merupakan kriteria secara umum yang merupakan standar perusahaan dalam memilih pegawai.

Menurut artikel yang dibuat oleh USC Annenberg yang berjudul “Top 4 Traits of Successful Human Resource Professionals”, seorang pegawai juga harus mengembangkan social skill, tidak hanya berfokus pada kemampuan sebagai pemenuhan profesi yang ia jalani di kantornya.

 

Kemampuan berkomunikasi

Tidak semua orang memiliki kemampuan verbal yang baik, entah ketika menjadi pendengar, atau yang menyampaikan. Sebagai kriteria pegawai yang bisa berperilaku profesional, komunikasi penting dilakukan karena banyaknya interaksi yang akan dilakukan terutama dengan klien atau rekan kerja. Terkadang cara penyampaian yang dilakukan oleh seseorang tidak dapat diterima oleh si pendengar, karena baik cara penyampaian maupun bahasa yang digunakan tidak mudah diserap, atau bahkan mengandung kata-kata yang tidak pantas dibicarakan. Pendengar juga harus memahami apa maksud yang disampaikan pembiacara dengan teliti.

 

Beretika

Etika sangatlah diperlukan, terutama dalam menjaga nama baik perusahaan, orang lain, maupun nama baik diri sendiri. Perilaku yang tidak dilakukan sesuai dengan etika biasanya menyebabkan ketidaknyamanan untuk orang lain, bahkan kerugian untuk diri sendiri. Maka dari itu orang yang memiliki etika yang baik, maka hasil kerjanya juga dapat dibilang berkualitas karena mengikuti aturan etika yang kuat.

 

Kemampuan mengatur masalah

Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah. Konflik bisa saja terjadi dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Agar tidak mengganggu aktivitas kerja, maka pegawai harus mampu menyelidiki dan menyelesaikan masalah nya secara mandiri.

 

Kemampuan berorganisasi

Ini merupakan salah satu akar paling penting dalam melakukan pekerjaan, terutama ketika pekerjaan tersebut menuntut kita untuk saling brinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Kemampuan berorganisasi dapat membentuk kita nenjadi orang yang lebih berani mengemukakan pendapat, dan mampu bekerja secara jelas dan terstruktur, sehingga hasil kerjanya tidak berantakan dan sesuai dengan tujuan.

 

Keempat kriteria di atas merupakan beberapa aspek penting yang diinginkan perusahaan agar terdapat pada masing-masing diri individu. Jika kriteria sudah dibuat, selanjutnya adalah bagaimana pihak perusahaan itu sendiri dapat melakukan proses assesmen dengan baik, agar mendapatkan calon pegawai yang baik pula? Penilaian kita terhadap seseorang bisa jadi sangatlah berbeda dengan penilaian orang lain. Bagaimana kita menilai hasil kerja, merasa puas atau tidak, hal itu sangatlah beragam penilaiannya. Cara terbaik dalam mengubah perspektif subjektif yang ada pada diri kita adalah dengan mendiskusikannya atau menanyakan pendapat orang lain. Maka dari itu, menurut artikel “How to Select and Hire the Best Job Candidate” bahwa penting bagi perusahaan melakukan rapat antar interviewer dimana para interviewer akan saling bertukar informasi serta bertukar pikiran atas pendapat mereka tentang calon pegawai. Walaupun kriteria umum sudah ada, tetapi bisa saja takaran standar seseorang memenuhi kriteria tersebut yang dinilai oleh para interviewer berbeda. Maka dari itu, perlu adanya kombinasi penilaian dengan orang lain.

 

 

Referensikan teman kamu