Waktu oh waktu.

Kamis, 16 Maret 2017 | 00:00 WIB
Waktu oh waktu.

 Meningkatkan Efisiensi Bekerja       

 

Kemampuan seorang pegawai dipengaruhi banyak aspek. Salah satu nya adalah efisiensi. Efisiensi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  adalah ketepatan cara (usaha, kerja) dalam menjalankan sesuatu (dengan tidak membuang waktu, tenaga, dan biaya). Dengan kata lain, semakin kecil perbandingan antara usaha yang diberikan serta hasil yang diperoleh, maka efisiensi semakin besar.

Katakanlah, ada dua karyawan, Anto dan Toni. Anto adalah seorang karyawan yang tepat waktu serta menyelesaikan segala tugas yang diberikan padanya sebelum deadline. Toni adalah seorang karyawan yang tepat waktu, namun hanya menggunakan gadgetnya untuk berkomunikasi dengan teman-temannya saat bekerja, dan pernah dua kali menyelesaikan tugasnya sehari setelah deadline. Dalam kasus ini, Anto lebih efisien daripada Toni. Alhasil, Anto mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada Toni, karena dengan Anto bekerja secara efisien, ia menjadi tipe karyawan yang diinginkan oleh perusahaan. Kemungkinan Anto untuk mendapatkan promosi pun lebih tinggi dibanding Toni.

Ingin menjadi seperti Anto? Berikut tips-tips yang dapat membantu anda menjadi lebih efisien dalam bekerja.


Time Management

Manajemen waktu, atau time management dilihat dari cara Anda membagi waktu sehingga pekerjaan-pekerjaan yang diberikan selesai pada waktunya tanpa menyebabkan stress berlebih. Untuk time management yang baik, coba buat suatu jadwal kegiatan Anda selama satu minggu. Jadwal ini setiap harinya harus meliputi waktu Anda bekerja di kantor, dan bagaimana Anda mengatur waktu untuk merampungkan tugas-tugas harian ditambah tugas tambahan sesuai deadline. Usahakan juga untuk memiliki waktu yang cukup untuk tidur (kurang lebih 6-8 jam sehari) agar tidak mempengaruhi kinerja Anda dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

Time Management bukan selalu berarti bagaimana anda menyempitkan semua jadwal anda menjadi sangat padat untuk menyelesaikan tugas-tugas anda lebih cepat. Luangkan waktu sebanyak 2 atau 3 jam setiap harinya untuk keperluan-keperluan lain (misalnya istirahat, refreshing, atau untuk hal-hal yang tidak terduga).

Jika Anda diberikan tugas secara mendadak oleh atasan dan  diberikan tenggat waktu yang terbilang cukup dekat, katakanlah lima hari setelah tugas tersebut diberikan, maka inilah saatnya untuk menggunakan 2 atau 3 jam yang sudah anda sediakan setiap harinya untuk mengejar progress tugas yang harus anda selesaikan dalam waku tiga hari. Usahakan jangan menunda-nunda pekerjaan tersebut karena untuk setiap jam yang Anda miliki, Anda dapat menyelesaikan kurang lebih 10% progress tugas yang diberikan. Dengan demikian, selain menjadi lebih efisien, kualitas pekerjaan yang anda kerjakan juga meningkat karena Anda memiliki kesempatan untuk memeriksa apakah ada kesalahan-kesalahan seperti salah mengetik kata atau menambahkan satu atau dua hal terkait pekerjaan yang Anda miliki.

Berkomitmen pada jadwal

Berkomitmen dengan jadwal tidak mudah apabila ada teman yang mengajak Anda untuk refreshing di saat waktu yang tidak tepat. Berusahalah untuk katakan tidak kepada ajakan apabila Anda diberikan tugas dengan tenggat waktu yang cukup dekat dan tugas tersebut belum selesai. Dengan mengatakan tidak, Anda selangkah lebih dekat untuk menjadi seseorang yang dapat berkomitmen lebih pada jadwal. Dengan berkomitmen, Anda memiliki waktu yang tersusun rapi untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.

 

Berikut tips-tips dalam meningkatkan efisiensi kerja. Terapkanlah mulai sekarang, untuk meningkatkan kinerja Anda!

Referensikan teman kamu