Beberapa Bidang Pekerjaan Dengan Pendapatan Tertinggi

Kamis, 30 November 2017 | 00:00 WIB
Beberapa Bidang Pekerjaan Dengan Pendapatan Tertinggi

Sejumlah sektor pekerjaan dilaporkan memiliki gaji tertinggi di Indonesia pada tahun 2017. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan perusahaan rekrutmen profesional internasional Robert Wakters.

Survei tersebut bertajuk "Salary Survei 2018" yang dirilis hari ini, Rabu (22/11/2017). Dalam laporannya, Robert Walters melakukan survei terhadap beberapa sektor, antara lain perbankan dan keuangan, sumber daya manusia, teknologi informasi (TI), akuntansi, hukum, marketing (pemasaran) serta rantai pasok dan prokuremen.

Sektor pemasaran dilaporkan bergaji tertinggi dibandingkan sektor-sektor industri lain yang disurvei. Gaji untuk jabatan direktur pemasaran, misalnya, bisa mencapai Rp 1,5 miliar hingga lebih dari Rp 2 miliar dalam setahun.

Gaji tertinggi juga dilaporkan terjadi pada sektor akuntansi dan keuangan. Jabatan direktur keuangan diganjar rata-rata gaji tahunan sebesar Rp 1,6 miliar hingga Rp 2,5 miliar.

Kemudian, sektor hukum dengan jabatan direktur legal memperoleh gaji sekitar Rp 1,3 miliar hingga Rp 1,9 miliar dalam setahun. Adapun di sektor rantai pasok dan pengadaan, gaji tahunan untuk posisi Supply Chain Director berkisar antara Rp 1,6 miliar sampai Rp 2,4 miliar.

Di industri TI, gaji untuk posisi direktur teknologi mencapai kisaran Rp 850 juta hingga Rp 1,5 miliar per tahun. Pada industri perbankan dan keuangan, gaji untuk jabatan Cash Management Operation sebesar Rp 390 juta hingga Rp 650 juta per tahun.

Gaji untuk posisi Financial Control sebesar Rp 450 juta hingga Rp 780 juta pertahun. Gaji untuk posisi di bidang Investment Banking Rp 392 juta hingga Rp 735 juta per tahun.

Adapun pada sektor sumber daya manusia, gaji posisi HR Business Partner mendapatkan rata-rata Rp 520 juta hingga Rp 624 juta setahun. Untuk posisi HR Business Partner, gaji tahunannya mencapai Rp 455 juta hingga Rp 520 juta.

"Sektor perbankan dan keuangan, asuransi, manufaktur mengalami kinerja baik. Adapun ekspansi paling pesat terjadi di TI, konsumer, dan ritel daring," jelas Country Manager Robert Walters Indonesia Rob Bryson.

 

Tim KompasKarier

Referensikan teman kamu