Beberapa Alternatif Menambah Penghasilan

Kamis, 30 November 2017 | 00:00 WIB
Beberapa Alternatif Menambah Penghasilan

Sebuah tujuan keuangan kadang memerlukan usaha ekstra agar dapat terwujud tepat waktu. Tak jarang beberapa orang rela melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Mengganti moda transportasi ke kantor, pindah ke rumah sewa yang lebih murah, atau bahkan mengurangi jatah makan pun dilakoni demi sebuah tujuan yang lebih besar.

Langkah lain yang dilakukan adalah dengan mengambil pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Tak usah khawatir jika merasa tidak memiliki kemampuan di bidang lain yang bisa menghasilkan uang. Faktanya, ada beberapa pekerjaan sampingan yang secara umum tidak membutuhkan suatu keahlian khusus. 

Misalnya, jika di sekitar tempat tinggal ada tetangga atau kerabat yang memiliki hewan peliharaan, tawarkan diri untuk mengajak peliharaan mereka jalan-jalan atau sekedar menjaganya. Bantuan semacam ini sangat dihargai, terutama jika sang pemilik seringkali meninggalkan peliharaannya dalam waktu lama. Bagi pecinta binatang, pekerjaan ini sama dengan bersenang-senang. 

Jika menjaga hewan peliharaan terdengar sedikit merepotkan, cobalah menawarkan jasa menjaga rumah. Rumah yang ditinggal pemiliknya dalam beberapa waktu rawan disusupi orang tak dikenal. Karenanya, jasa menjaga rumah ini kurang lebih bisa mengurangi kekhawatiran pemiliknya.

Menjadi penerjemah bahasa juga bisa menjadi pilihan dalam mendapatkan penghasilan tambahan. Berbekal kemampuan yang sudah ada dan koneksi internet, pekerjaan ini siap dilakukan. Bahkan menurut data Departemen Tenaga Kerja AS, pada tahun 2012-2022 pasar penerjemah naik hingga 46 persen. 

Selain penerjemah, menjadi petugas layanan konsumen juga layak dicoba. Pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah. Syaratnya pun cenderung mudah, yang penting siapkan mental dan kemampuan komunikasi dengan maksimal.

Cara lain untuk mendapatkan uang tambahan bisa dilakukan dengan menjadi peserta diskusi fokus grup (FGD). Banyak perusahaan menginginkan umpan balik dan wawasan konsumen untuk meningkatkan produknya. Salah satu caranya adalah dengan mengajak konsumen untuk berdiskusi secara langsung.

Sebagai imbalan, biasanya ada sejumlah uang yang disiapkan sebagai apresiasi atas waktu yang telah diberikan. Serupa dengan FGD, mengisi survei atau jajak pendapat pun bisa menghasilkan sedikit uang. 

Namun jika memang berniat untuk menambah penghasilan untuk waktu lama, cobalah untuk memulai bisnis sendiri. Tak perlu modal besar, mulailah dengan membuka toko online menggunakan media sosial. Menjadi agen penjual atau reseller dari suplier yang lebih besar adalah cara paling tepat untuk meminimalisir modal dalam menjalankan bisnis ini.

 

Tim KompasKarier

Referensikan teman kamu